Friday, October 15, 2010

Saya dan Anda

Biasanya kalau belajar di kursus atau di sekolah, kosakata untuk saya dan
kamu adalah seperti ini:

Watashi = saya
Anata = kamu

Watashi dan anata digunakan pada saat yang formal. Misalnya kepada konsumen,
ketika rapat, pidato di sekolah, dll.

Namun, dalam dialog sehari-hari, ada banyak variasi dalam menunjuk diri
sendiri maupun menunjuk lawan bicara. Kosa kata tambahan ini penting sekali
untuk kita ketahui. Karena apabila kita nonton anime atau jdorama, kita akan
jarang sekali mendengar kata watashi dan anata walaupun ternyata sebenarnya
mereka asyik ber-"kamu-kamu" dan ber-"saya-saya".

Kosakata tersebut antara lain:

Boku = saya ; biasanya diucapkan oleh cowo, memiliki kesan maskulin. Cowo SD
                      sudah mulai ber-boku ria.

Kimi = kamu ; biasa diucapkan oleh cowo kepada cewe sebayanya, biasanya dalam
                       pergaulan remaja.
                       Juga suka diucapkan oleh cowo ataupun cewe kepada orang yang
                       umurnya dibawah yang berbicara. Guru juga sering menggunakan
                       kata ini ketika menunjuk muridnya.

Ore = saya ; sering digunakan oleh anak remaja laki-laki dan dewasa.
                    Berkesan jantan dan agak keras/ kasar. Kalau gangster sudah hampir
                    pasti menggunakan kata ini ketika berbicara dengan teman-temannya.

Omae = kamu ; Berkesan jantan dan agak keras/ kasar. kata ini merupakan
                         pasangan atau padanan dari "ore". jadi setelah menunjuk diri
                         sendiri dengan "ore", sudah hampir pasti menunjuk lawan bicaranya
                         dengan "omae". Juga suka diucapkan oleh kakek-kakek, tanpa
                         berkesan keras / kasar.

Temae = kamu ; kata ini berkesan menantang dan kasar. Sering terucapkan oleh
                          laki-laki yang sedang marah dan hendak menantang lawan bicaranya.
                          Biasanya terbawa emosi sehingga pelafalannya sering tertangkap
                          di telinga "Temee...."

Washi = saya    ; biasanya diucapkan oleh orang tua. kakek-kakek maupun nenek-nenek.

Watakushi = saya ; Bahasa halus. biasanya digunakan pada saat pidato kenegaraan.

Anta = kamu     ; biasanya diucapkan oleh perempuan. Termasuk informal. Kasar
                           atau tidaknya tergantung intonasi dan konteks-nya.

No comments:

Post a Comment